7 Hal Penting yang Harus Di Perhatikan Sebelum Membeli Rumah

Posted by



Membeli rumah merupakan investasi jangka panjang. Untuk itu keputusan membelinya harus dipikirkan secara matang agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.Membeli rumah juga bisa dikatakan sulit-sulit gampang. Bahkan terkadang disebut seperti perjodohan. Banyak orang yang tidak beruntung dalam membeli rumah, bukan hanya membelinya dengan harga yang mahal namun mendapat kondisi dan lingkungan yang kurang nyaman. Tetapi jika kita tahu hal – hal apa saja yang hrus kita lakukan sebelum membeli rumah, maka kita akan mendapatkan rumah yang bagus, nyaman dan harga yang relatif murah.

Berikut ini adalah 7 hal yang harus diperhatikan sebelum membeli rumah agar kita bisa mendapatkan rumah yang sesuai dan nyaman untuk tempat tinggal :
1. Melakukan Perbandingan
Kegiatan ini dilakukan untuk membandingkan dengan rumah-rumah yang berada disekitarnya dalam hal lokasi, desain, gaya arsitektur dan lingkungannya.
2. Mengumpulkan Informasi
Sebelum Anda membeli rumah sebaiknya mengumpulkan selengkap mungkin informasi rumah yang akan dibelinya mengenai status tanah atau bangunan, kepemilikan dan harga yang ditawarkan.
3. Mengamati Kondisi Rumah
Dengan memperhatikan secara teliti kondisi bangunan, tata letak dan bagian dalam (interior) rumah yang ingin dibeli. Sebaiknya Anda menanyakan secara detail kepada pengembang atau pemilik rumah.
4. Mempelajari Pesaran Harga
Mengumpulkan dan membandingkan harga-harga rumah yang berlaku saat ini, berdasarkan suatu kawasan dan jenis rumah tertentu. Dengan cara seperti ini akan ditemukan suatu harga yang terbilang wajar dan tidak mahal.
5. Meminta Pendapat Pihak Ketiga
Sebaiknya Anda meminta pendapat lain (second opinion) mengenai rumah yang diinginkan. Pihak yang diminta tersebut seperti orang tua, sahabat, agen properti atau profesional terkait yang menilai secara obyektif.
6. Menghubungi Notaris
Menggunakan jasa notaris akan membantu Anda dalam proses transaksi pembelian. Ini dikarenakan masalah hukum dalam jual-beli rumah merupakan hal yang kompleks, agak rumit dan memerlukan kepastian hukum.
7. Mengatur Sistem Pembayaran
Anda harus berpikir untuk mengatur pembayaran atas transaksi pembelian rumah tersebut. Mulailah menghitung pendapatan Anda dalam sebulan. Jika melalui KPR Anda harus dapat menyisihkan dari pendapatan dengan cicilan untuk rumah. Namun jika melalui pembayaran cash, sebaiknya melalui cara transfer via bank.
Berilah perlindungan asuransi bagi rumah sebagai tempat tinggal. Rate asuransi rumah tidak mahal lho karena diberikan permil dikalikan harga pertanggungan


Blog, Updated at: 8:23 AM

Follow on Google

HOT PALING LARIS DICARI

HUBUNGI KAMI VIA EMAIL

foxyform

Dapatkan Informasi Terbaru Rumah Melalui Email

Powered by Blogger.