Widget HTML Atas

Ini Dia Manfaat Asuransi Dan Macam Macam Asuransi yang Perlu Kamu Ketahui

Macam Asuransi

Macam Asuransi - Asuransi merupakan istilah yang dipakai untuk merujuk pada tindakan maupun bisnis di mana perlindungan atau ganti rugi secara finansial pada jiwa, kesehatan, properti dan lain sebagainya untuk memperoleh penggantian dari kejadian-kejadian yang tidak bisa diduga yang bisa terjadi seperti kematian, kerusakan, kehilangan maupun sakit, di mana melibatkan pembayaran premi dengan teratur dalam jangka waktu tertentu yang digunakan sebagai ganti polis yang menjamin perlindungan tersebut.

Adapun fungsi utama dari asuransi ini sebagai mekanisme dalam mengalihkan resiko yakni mengalihkan resiko dari satu pihak yang tertanggung terhadap pihak yang lain atau penanggung. Adapun pengalihan resiko ini tidak berarti menghilangkan kemungkinan misfortune, akan tetapi pihak penanggung juga menyediakan pengamanan finansial dan juga ketenangan bagi para tertanggung. Dan sebagai imbalannya, tertanggung membayarkan premi dalam jumlah yang sangat kecil jika dibandingkan dengan potensi kerugian yang mungkin akan dideritanya. Asuransi ini juga terbagi atas beberapa macam sesuai dengan kebutuhan. Berikut macam asuransi yang di antaranya adalah :

1. Asuransi Mobil (Kendaraan)

Yang pertama adalah asuransi mobil. Adapun asuransi jenis ini termasuk tergolong menjadi asuransi yang paling laris, didukung dengan jumlah kendaraan yang semakin meningkat. Misalnya saja di tahun 2013, jumlah kendaraan yang masih aktif sudah mencapai hingga 105 juta unit. Terlebih bagi kota-kota besar misalnya seperti Jakarta, Surabaya, Medan, Yogyakarta, Medan dan lainnya. Memiliki polis asuransi mobil adalah suatu kewajiban untuk pemilik mobil, terlebih di daerah-daerah yang sangat rentan sekali terjadi kecelakaan.

2. Asuransi Kesehatan

Selanjutnya adalah asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan ini termasuk ke dalam asuransi yang sangat konservatif dan sangat umum diketahui oleh orang Indonesia. Asuransi kesehatan ini juga sangat berguna untuk menanggung biaya perawatan bila sewaktu-waktu Anda sakit dan memerlukan perawatan medis di rumah sakit. Oleh karenanya, asuransi kesehatan mempunyai banyak produk. Ada perusahaan asuransi yang memberi sistem reimbursement, serta ada pula yang memakai kartu ajaib yang mana dengan menggunakan kartu keanggotaan Anda itu, maka biaya rumah sakit akan langsung ditanggung oleh pihak asuransi.

3. Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa ini masih sama dengan jenis asuransi kesehatan, asuransi jiwa ini juga menjadi jenis asuransi yang paling laris di Indonesia. Meskipun yang membeli polis ini tergolong ke dalam kalangan middle-high class, akan tetapi jumlahnya juga semakin bertambah dalam setiap tahunnya. Di negara Indonesia, asuransi jiwa ini kerap diplesetkan sebagai warisan. Adapun produk asuransi ini bermanfaat pada saat pemegang polis sudah meninggal. Dan seiring dengan persaingan perusahaan-perusahaan asuransi, produk-produk asuransi jiwa ini semakin marak dikombinasikan dengan berbagai tawaran produk investasi finansial.
Macam Asuransi Di Indonesia

4. Asuransi Properti (Rumah)

Asuransi rumah atau properti marupakan jenis asuransi untuk perlindungan rumah, gedung, ruko, perkantoran, hotel dan semacamnya. Jenis asuransi rumah atau properti ini bertujuan untuk memproteksi properti yang diasuransikan dari beberapa kerugian bila sewaktu-waktu terjadi kebakaran maupun hal lain yang menyebabkan kerusakan rumah. Hingga sekarang ini, jenis asuransi ini juga dapat dibilang lumayan laris terlebih di daerah yang padat penduduk dan juga sangat rawan kebakaran.

5. Asuransi Perjalanan

Bila anda sering traveling maupun bepergian jauh dengan tujuan hanya untuk berlibur, maka anda ini seharusnya sudah akrab dengan namanya produk asuransi yang satu ini. Asuransi perjalanan ini jugat sangat bermanfaat pada saat anda berpergian jauh. Banyak sekali keuntungan yang bisa di manfaatkan misalnya seperti ganti rugi atas bagasi anda yang hilang, selain itu kerugian atas keterlambatan jadwal penerbangan sampai biaya pengobatan bila anda mendadak sakit pada saat di negara tujuan anda.

6. Asuransi Pendidikan

Jenis asuransi pendidikan ini juga mulai populer pada beberapa tahun terakhir ini. Asuransi pendidikan ini pada umumnya laris bagi kalangan keluarga yang misalnya baru terbentuk. Asuransi pendidikan ini juga sangat bermanfaat bagi anda semua dalam menjawab tingginya biaya pendidikan sekarang dan juga dimasa yang akan datang. Dan dengan tabungan pendidikan, orang tua juga bisa melindungi nilai aset yang mereka punyai pada inflasi sehingga tabungan ini tidak langsung amblas dalam mencukupi keerluan pendidikan bagi si anak.
Macam Asuransi Di Indonesia

7. Asuransi Kecelakaan

Selanjutnya ialah asuransi kecelakaan yang merupakan asuransi yang memberi santunan pada kematian, cacat total serta biaya pengobatan yang dikarenakan oleh risiko yang diakibatkan oleh kecelakaan yang tidak disengaja. Adapun jenis asuransi kecelakaan ini terkadang kerap diberi oleh perusahaan pada setiap karyawannya.

8. Asuransi Syariah

Dengan mayoritas penduduk Indonesia yang muslim, jenis asuransi syariah ini juga kian berkembang di negara Indonesia. Adapun pengelolaan risiko terhadap asuransi syariah ini pada dasarnya memang dilandasi oleh prinsip sharing of risk di antara para peserta. Terlebih dasar dari Asuransi Syariah ini juga sudah diatur oleh DSN atau Dewan SyariahNasional serta Majelis Ulama Indonesia atau MUI sebagai usaha saling melindungi dan juga tolong menolong antara sejumlah orang lewat investasi dalam bentuk aset dan atau tab yang baru yang memberi pola pengembalian untuk menghadapi risiko tertentu lewat akad yang sesuai dengan syariah. Pun demikian, walaupun tergolong sebagai produk yang masih sangat baru, asuransi syariah ini juga sudah banyak dikembangkan oleh perusahaan asuransi yang ada di lokal ataupun internasional yang bergerak di negara Indonesia.

9. Asuransi Unit Link

Asuransi unit link ini adalah asuransi non tradisional yang mempunyai konsep dua kantong. Yang mana dua kantong ini untuk proteksi dan juga kantung untuk investasi. Uang premi yang telah dibayarkan sebagian ini di pakai untuk membayar proteksi dan yang sebagian lagi di tempatkan untuk reksa dana di dalam bentuk unit link. Adapun produk ini juga lumayan rumit dan tidak mudah untuk dipahami sebab produk ini juga sangat erat kaitannya dengan pasar modal yang naik ataupun turun.
Macam Asuransi Di Indonesia

10. Asuransi Asset Lain-lain

Perusahaan asuransi yang semakin pintar dalam mengekspansi produk-produk asuransi. Pada prinsipnya, semua sesuatu yang merupakan asset ataupun bernilai ini bisa dilindungi dengan asuransi. Oleh sebab itu, para perusahaan asuransi ini juga berlomba-lomba dalam membuat produk asuransi untuk memproteksi sesuatu dari yang umum hingga yang tidak biasa. Tangible asset atau yang bisa dilihat seperti kendaraan, rumah, ternak serta Intangible atau yang tidak bisa dilihat seperti keahlian dokter, kepiawaian seorang pengusah, keterampilan mekanik dan lainnya.

Demikian artikel terkait macam asuransi, semoga dengan membaca artikel di atas dapat memberi wawasan dan pengertian yang lebih pada anda semua terkait dengan asuransi. Semoga dapat bermanfaat bagi anda semua khususnya bagi para pembaca semua.
Panduan Developer Property Banner 728x90
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia